6 Jenis Layar Proyektor Yang Bisa Bikin Acaramu Semakin Meriah

Proyektor kurang lengkap kalau tidak dipasangkan dengan layarnya. Berikut ini 6 (enam) jenis layar proyektor yang bisa jadi pilihanmu.

1. Layar Proyektor Fastfold

  • Layar proyektor fastfold merupakan jenis layar proyektor yang mempunyai ukuran layar yang sangat besar dan dipakai untuk kebutuhan-kebutuhan proyeksi format besar. Penggunaan layar proyektor fastfold ini untuk kebutuhan diluar ruangan maupun di dalam ruangan seperti aula besar maupun auditorium skala besar. Sangat cocok untuk acara-acara seminar, maupun untuk memutar video atau film dengan jumlah audiens yang banyak.
  • Layar proyektor fastfold ini memiliki dimensi yang besar dan bodi yang berat serta terdapat kerangka disetiap sisinya juga sudah tersedia kaki penyangga yang kokoh. Layar proyektor fastfold yang paling kecil yaitu memiliki ukuran 157 x 211 cm dengan diagonal 100 inch dan memiliki berat 30 kg.
  • Layar proyektor fastfold terdapat dua jenis layar yaitu ada front projection dan rear projection. Untuk front projection gambar yang dapat diproyeksikan dibagian depan saja. Dan untuk rear projection dapat menampilkan gambar dengan memproyeksikan dari depan layar maupun dari belakang layar.

    Sampel Screen Fastfold

2. Layar Proyektor Fixed

  • Layar proyektor fixed merupakan sebuah layar proyektor yang didesain khusus untuk kebutuhan kantor di ruang meeting maupun rumahan sebagai home theater. Bodi dari layar proyektor fixed ini memiliki bingkai di setiap sisinya.
  • Penempatan screen projector fixed ini sama dengan layar proyektor manual maupun layar proyektor motorized yang harus terpaku pada tembok atau dinding. Jenis layar proyektor ini dikhususkan untuk kebutuhan tingkat menengah keatas, karena harga yang ditawarkan layar proyektor ini terbilang cukup mahal, yaitu berkisar diatas 10 jutaan.

    Sampel Screen Proyektor Fixed
    Sampel Screen Proyektor Fixed

3. Layar Proyektor Manual

  • Layar proyektor manual atau disebut juga dengan manual pull down wall screen ini sebuah jenis layar proyektor dengan penempatannya di dinding. Cara kerja atau untuk mengeluarkan layarnya, kita harus menariknya secara manual. Salah satu fitur atau teknologi yang terdapat di layar proyektor manual ini yaitu Self Lock controller.
  • Dengan adanya teknologi ini yang akan mengunci pada saat layar sudah terbuka semua, sehingga layar tidak kembali tergulung. Dan jika layar proyektor manual sudah tidak digunakan lagi, tinggal gulung layarnya dengan cara menarik kembali layar kebawah. Layar proyektor manual ini cocok digunakan untuk kebutuhan kelas maupun ruang meeting.
  • Layar proyektor manual ini memiliki beberapa ukuran, mulai dari yang tekecil yaitu 127 x 127 cm dengan diagonal 50 inch dan yang paling besar 267 x 356 cm dengan diagonal 180 inch. Untuk harga dari layar proyektor manual ini cukup terjangkau yaitu mulai dari 600 ribuan.

    Sampel Screen Manual

4. Layar Proyektor Motorized

  • Layar proyektor Motorized atau bisa dibilang juga dengan layar otomatis ini merupakan jenis layar proyektor yang bagus. Karena berbeda dengan jenis layar proyektor lainnya, layar ini sudah dibekali dengan motor otomatis. Sehingga dengan adanya motor ini, layar proyektor bisa mengeluarkan layar secara otomatis tanpa perlu menarik secara manual. Cara mengeluarkan layarnya cukup dengan menekan tombol power pada remote control yang sudah tersedia, otomatis layar akan keluar dengan sendirinya.
  • Layar proyektor motorized ini terdapat dua macam motor, yaitu tabulator motor dan synchronous motor. Jenis tabulator motor ini mempunyai bodi yang besar kerana terdapat tabung untuk menggulung layar atau menyimpan layar. Dan untuk jenis synchronous motor memiliki bodi yang kecil, namun untuk menggulung layar menggunakan tambahan yaitu gear. Layar proyektor motorized ini cocok digunakan untuk kebutuhan kelas, ruang meeting maupun untuk acara seminar.
  • Layar proyektor motorized ini memiliki beberapa ukuran, mulai dari yang terkecil yaitu 178 x178 cm dengan diagonal 70 inch dan 450 x 599 cm dengan diagonal 300 inch.

    Sampel Screen Motorized

5. Layar Proyektor Portable

  • Layar proyektor portable merupakan jenis layar proyektor yang didesain khusus untuk penggunaan mobile user. Dengan desain yang simpel dan penggunaan yang mudah, layar proyektor portable ini sangat cocok untuk kamu yang memerlukan layar super praktis.
  • Layar proyektor portable ini untuk penempatannya hampir sama dengan layar proyektor tripod yang tidak tergantung dengan tembok atau dinding. Layar proyektor portable sudah memiliki penyangga sendiri untuk membuka layarnya, sehingga kamu tidak perlu lagi mencari tembok untuk mengaplikasikannya.
  • Untuk menggunakan layar proyektor portable ini, kamu cukup membuka kunci nya kemudian tarik layarnya dan layar pun terbuka atau berdiri. Layar proyektor portable ini memiliki ukuran yang terbatas, mulai dari 60 inch dengan ukuran 200 x 130 cm, kemudia ada 80 inchi dengan ukuran 122 x 163 cm dan 100 inchi dengan 152 x203 cm.
Sampel Screen Portable

6. Layar Proyektor Tripod

  • Layar proyektor tripod ini berbeda dengan layar proyektor manual dan layar proyektor motorized, apa yang manjadi beda? karena jenis layar proyektor ini tidak tergantung pada tembok atau dinding untuk menempatkan layar ini. Layar proyektor tripod ini mempunyai tiang dan kaki untuk penyangga. Sehingga penggunaan jenis layar proyektor ini sangat fleksibel karena tidak bergantung pada suatu tempat.
  • Sehingga layar proyektor tripod ini cocok untuk kamu gunakan diluar ruangan yang tidak tergantung pada suatu tempat. Layar proyektor tripod ini memiliki beberapa ukuran yang tidk terlalu banyak, mulai dari yang terkecil yaitu 150 x 150 cm dengan diagonal 60 inch dan 244 x 244 cm dengan diagonal 96 inch.

    Sampel Screen Tripod

Nah, layar proyektor mana yang kamu pakai? Semua sesuaikan dengan kebutuhan acara kamu ya.

Sumber: dealharga.com